Rabu, 23 Maret 2016

Prak 2 - Camera Path, Lighting,and Material

1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.
2. Alat
Adobe Illustrator
Cinema 4d
Time Lapse Assembler

3. Bahan
Hasil praktikum sebelumnya

4.Dasar Teori
  1. Motion Guide pada flash hanya berfungsi sebagai penggaris agar gambar frame per frame dapat konsisten dan solid, sedangkan Camera Path pada C4D berfungsi sebagai path/jalur jalanya camera.
  2. Physical Sky bisa dikatakan sebagai ambient/environment light dan background di software berbasis 3D, C4D. Sedangkan Area Light adalah Lightning yang berupa null object 3D yang dapat dipindah/dimanipulasi yang memancarkan cahaya. Berguna untuk memberi light pada objek 3D dengan beberapa pilihan jenis light.
  3. Material bisa disebut sebagai texture untuk objek 3D. Dapat digunakan untuk memberi warna objek dan memberikan sifat-sifat material seperti Glow, Diffuse, Reflection, Illumination, Color, dsb. Penggunaan Material pada C4D sangat mudah dengan klik kanan pada window kecil paling bawah di C4D ataupun memilih create > new material, di jendela ini kita juga dapat memakai shader untuk membuat objek terlihat dinamis dengan memilih create > shader >
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
  1. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
  2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
  1. Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spline.
  2. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky
  3. Menambahkan Lighting menggunakan Area Light
  4. Menambahkan Material
7. Hasil Praktikum


Tidak ada komentar:

Posting Komentar