Selasa, 12 April 2016

Prak 04 – Camera Depth, Multi Pass Render, dan Compositing using AE


1. Tujuan

Pada praktikum ini, mahasiswa diajak untuk ngincip dikit tentang Compositing menggunakan After Effects. Dimulai dengan Render Setting di C4D kemudian dilanjut pada kegiatan compositing di AE.

2. Alat

Maxon Cinema 4D R16
Adobe After Effects CC 2015

3. Bahan














4. Dasar Teori

Gunakan pertanyaan berikut untuk menuliskan dasar teori yang relevan
Camera Depth : Camera Depth digunakan untuk mengatur pembagian area yang blur dan fokus dengan sedikit pengaturan tertentu didalam cinema 4D didapat area fokus yang ditujukan pada objek utama.

Multiple pass render :
Multiple-pass render adalah proses dimana aplikasi melintasi grafik adegan berkali-kali untuk menghasilkan output untuk memberikan tampilan. Multiple-pass render meningkatkan kinerja karena itu memecah adegan-adegan yang kompleks menjadi tugas yang dapat dijalankan secara bersamaan.

DOF : Depth of Field (DOF) adalah rentang jarak yang dimiliki subjek untuk menghasilkan variasi ketajaman/fokus pada foto/video yang dihasilkan. Secara harfiah, arti Depth of Field berarti kedalamana ruang. DOF lebar artinya sebagian besar dari objek terdekat kamera objek terjauh akan memiliki ketajaman yang merata. Sedangkan DOF sempit artinya hanya bagian titik tertentu saja yang memiliki area ketajaman, sementara objek sisanya akan blur/tidak fokus

Compositing : Compositing adalah kombinasi dari unsur-unsur visual dari sumber terpisah menjadi gambar tunggal, sering untuk menciptakan ilusi bahwa semua elemen adalah bagian dari adegan yang sama.

5. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth
Import masing-masing image sequences ke AE.
Implementasi DOF di AE menggunakan effect Camera Lens Blur

Hasil Praktikum


Tidak ada komentar:

Posting Komentar